Bisnis membutuhkan produk promosi sebagai cara yang hemat biaya untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Ini adalah metode pemasaran berbiaya rendah untuk mendorong pelanggan. Bahkan pemain global yang sudah mapan menggunakan strategi pemasaran ini. Untuk bisnis kecil seperti pemula, souvenir promosi membantu memangkas anggaran pemasaran mereka dan tetap menarik perhatian orang.

Produk promosi telah digunakan sebagai taktik pemasaran yang hemat biaya selama bertahun-tahun. Mulai dari bisnis baru hingga perusahaan besar, hadiah ini adalah favorit para manajer marketing. Salah satu situs terkenal telah mencantumkan beberapa statistik menarik tentang penggunaan produk promosi. Menurut studi yang dilakukan PPAI, 89% konsumen mengatakan mereka dapat mengingat nama pengiklan atau nama perusahaan selama 24 bulan setelah mendapatkan souvenir promosi.

Selain itu, produk promosi menarik 500% lebih banyak referensi dari pelanggan yang puas dengan barang souvenir yang didapat. Statistik penting ini menekankan pada pentingnya produk promosi untuk pemasaran dan pengenalan merek. Ini berarti bahwa distribusi item hadiah satu kali cukup baik untuk melibatkan pelanggan dengan merek Anda selama berbulan-bulan.

Inilah 5 Poin Bagaimana Produk Souvenir Promosi Membantu Branding Perusahaan Anda:

 

01. Marketing Yang Efektif & Berbiaya Rendah

Banyak perusahaan kecil hanya dapat memimpikan kampanye iklan besar-besaran dalam skala besar, menyebar ke seluruh media yang berbeda. Tetapi mereka masih dapat mencapai tujuan pemasaran mereka dengan kampanye produk promosi berbiaya rendah. Ada banyak item promosi berbiaya rendah untuk pemula.

Sebagian besar produsen produk promosi menjaga harga tetap rendah untuk distribusi massal. Harga barang hadiah rendah tetapi pengaruhnya tinggi pada penerimanya.

Menurut Sageworld.com, mug kopi hasil personalisasi, khususnya, merupakan iklan yang efektif karena 57% orang dapat mengingat pengiklan di atas cangkir. Produk-produk ini memberikan nilai yang tinggi untuk investasi Anda. Anda akan memenangkan pelanggan Anda dengan hadiah sederhana.

02. Pengakuan Merek Secara Instan

Pengenalan merek menyiratkan bahwa konsumen dapat mengidentifikasi perusahaan Anda dan produk atau layanannya segera ketika mereka melihat logo Anda. Misalnya, orang bisa langsung mengenali bisnis makanan cepat saji McDonald’s saat melihat logo lengkung kuningnya.

Hadiah barang promosi Anda kepada pelanggan membantu mereka dalam mengingat dan mengenali bisnis Anda. Ini adalah salah satu alasan utama untuk mendistribusikan barang promosi. Sebuah artikel yang diterbitkan di technomarketinginc.com menyatakan bahwa 89% konsumen dapat mengingat pengiklan dari produk promosi yang mereka terima dalam dua tahun terakhir.

Hadiah tetap ada di rumah dan kantor atau mobil mereka, dll. Untuk waktu yang lama, mengingatkan mereka tentang bisnis dan perusahaan Anda. Bahkan, konsumen berpegang pada promosi produk rata-rata 6,6 bulan. Lain kali, ketika mereka melihat logo perusahaan Anda, mereka langsung mengingat hadiah dan bisnis Anda. Pelanggan akan lebih mengingat bisnis Anda jika Anda memberi mereka barang bermerek. Mereka akan menghargai bisnis Anda dengan mengenali produk Anda saat mereka berbelanja.

03. Berfungsi Sebagai Kartu Nama Bisnis Anda

Kartu nama memperkenalkan perusahaan Anda dan produknya kepada konsumen. Produk promosi Anda juga berfungsi kurang lebih dengan cara yang sama tetapi dengan hasil yang lebih baik. Saat mendistribusikan barang hadiah Anda yang terkait dengan bisnis dan industri Anda, Anda sebenarnya sedang memperkenalkan bisnis Anda kepada calon konsumen. Menurut Marketingsherpa.com, 71,6% peserta yang menerima produk promosi mengingat nama perusahaan yang memberi mereka produk tersebut.

Ingat hadiah promosi juga memiliki informasi kontak Anda seperti halnya kartu nama. Item hadiah memiliki logo perusahaan Anda, gambar dan slogan yang menggambarkan pesan bisnis Anda. Produk bermerek berwujud dengan demikian berfungsi sebagai kartu nama yang berguna yang dapat digunakan konsumen sehari-hari.

Produk promosi juga berfungsi sebagai bagian dari kampanye media sosial Anda. Anda dapat menggunakan produk promosi sebagai bagian dari kampanye media sosial Anda. Misalnya, Anda harus mencetak kode QR Anda pada tumbler promosi. Anda juga dapat meletakkan hashtag Anda di kaos dan barang promosi lainnya.

04. Loyalitas Pelanggan

Pelanggan Anda harus sering membeli produk perusahaan Anda saat dibutuhkan. Pemasar menghabiskan lebih banyak sumber daya tambahan untuk membangun basis pelanggan setia yang kokoh. Mereka menggunakan produk promosi untuk mendorong loyalitas pelanggan dalam waktu singkat.

Namun, pastikan barang dagangan promosi Anda memiliki standar kualitas tinggi dan kalau bisa bermerek. Orang akan mengasosiasikan kualitas premium barang hadiah dengan kualitas bisnis Anda. Ini akan banyak membantu dalam menjaga pembeli pertama kali produk Anda selamanya. Sebuah artikel yang diterbitkan di Risinghillmarketing.com mengungkapkan pelanggan yang menerima produk promosi memperoleh skor 52% lebih tinggi daripada hanya iklan.

05. Eksposur Lebih Besar Dari Bisnis Anda

Iklan di TV, iklan di sosial media atau papan reklame melewati mata orang hanya dalam beberapa detik. Tapi, barang hadiah digunakan untuk sebagian besar waktu dan di depan mata. Misalnya, konsumen akan memakai hadiah Anda berupa tumbler yang trendi selama berhari-hari. Atau, mereka akan lebih sering menggunakan souvenir payung dari perusahaan Anda ketika musim hujan. Gratis seperti itu adalah cara terbaik untuk meningkatkan eksposur bisnis Anda setiap hari.

Menurut Ppai.org, 76,1% peserta dapat mengingat nama pengiklan pada produk promosi yang mereka terima dalam 12 bulan terakhir. Sebagai perbandingan, hanya 53,5% peserta yang dapat mengingat nama pengiklan yang mereka lihat di majalah atau koran pada minggu sebelumnya.

Kesimpulan

Produk promosi dapat mengarahkan konsumen ke bisnis Anda dengan cara yang hemat biaya. Item hadiah ini membawa pengenalan merek secara instan. Anda dapat memperluas jangkauan produk atau layanan Anda di antara audiens yang lebih besar. Barang-barang ini juga sangat baik untuk membangun basis pelanggan yang kokoh dan mendorong loyalitas pelanggan.

Open chat